Sabtu, 17 April 2010

panduan instal ubuntu


Tidak seperti pertama kali kemunculan Linux, kini administrasi dan proses instalasi Linux jauh lebih mudah dilakukan bahkan oleh orang awam sekalipun. Bahkan jika saya boleh memuji, Linux sebenarnya lebih hebat dari Windows. Berkat Linux, harga komputer menjadi murah, harga Aplikasi yang lebih terjangkau bahkan bisa gratis, memanjakan anda dengan kemampuan Servernya yang nonstop bekerja, bahkan berkat kemampuan emulasinya yang mengagumkan, Linux bisa berjalan tanpa merusak Sistem Operasi Windows anda.

Sistem Operasi Linux varian apa yang cocok buat saya pengguna awam?

Salah satu varian Linux yang memiliki dukungan komunitas besar dan tak pernah berhenti berinovasi adalah Ubuntu. Ubuntu dibuat menggunakan basis Debian yang terkenal dengan Gnome (GUI) yang bisa dibilang menyerupai tampilan Windows. Karena itu saya pilihkan Ubuntu sebagai jembatan utama migrasi anda. Cocok gak cocok itu relatif, namun secara keseluruhan, Ubuntu mudah sekali dipelajari. Gak percaya?

Dimana saya bisa mendapatkan Ubuntu?

Salah satu kelebihan Sistem Operasi opensource adalah dukungan komunitasnya yang berdedikasi tinggi. Anda bisa mendapatkan CD/DVD Ubuntu secara gratis tis dengan merequest langsung ke Shipit Ubuntu. Biasanya CD/DVD anda akan dikirim dalam waktu 2-3 minggu sejak request diterima. Jika koneksi internet anda bagus, unduh langsung Ubuntu 9.10 Karmic Koala melalui repository Indonesia di kambing (inherent UI).

Oke setelah itu gimana mas?

Ubuntu 9.10 Karmic Koala adalah Sistem Operasi Terbuka yang sangat baik. Anda tidak dipaksa untuk langsung migrasi ke Ubuntu. Anda boleh mencoba Ubuntu dalam dua cara:

  1. Dengan menjadikan CD/DVD Ubuntu sebagai Live CD. Artinya tidak ada instalasi sama sekali apalagi format-formatan hardisk. Cukup atur BIOS komputer anda agar saat Booting, yang pertama kali dibaca adalah CD-ROM.
  2. Install Ubuntu seperti anda menginstall Winamp atau Photoshop. Ya, gak salah! Semudah itu, tinggal klik beberapa tombol saja, selesai.

Langkah-langkah

Ubuntu sebagai LiveCD

  1. Anda cukup Burn file image (.ISO) yang telah anda unduh terlebih dahulu ke dalam CD/DVD. Setelah jadi CD/DVDnya masukan ke CDROM dan browse seperti biasa.
  2. Ubuntu  9.10

  3. Double klik wubi.exe untuk memulainya. Untuk mencoba Ubuntu 9.10 Karmic Koala sebagai LiveCD, klik pada tombol Demo.
  4. Install Ubuntu 9.10

  5. Pastikan BIOS komputer anda sudah diatur booting priority-nya adalah CDROM terlebih dahulu. Jangan lupa, tetap biarkan CD/DVD Ubuntu didalam CD-ROM saat komputer anda reboot.
  6. Tunggu beberapa saat sampai Ubuntu loading secara sempurna. Selesai deh. Seharusnya kini anda dapat mencoba mengeksplorasi Ubuntu secara keseluruhan tanpa takut data-data anda akan hilang.

Install Ubuntu seperti menginstall aplikasi berbasis window lainnya

  1. Jika ingin menginstall Ubuntu seperti Aplikasi berbasis Window pada umumnya, pada saat didalam menu Wubi, pilih tombol Install didalam Windows.
  2. Install Ubuntu 9.10

  3. Anda dibawa kejendela Ubuntu Setup. Sesuaikan saja dengan kebutuhan anda. Setelah itu klik tombol install.
  4. install Ubuntu 9.10

  5. Tunggu beberapa saat installer sedang memasang Ubuntu. Setelah selesai, anda diminta untuk mereboot komputer anda.
  6. Kini, anda diminta untuk memilih Sistem Operasi mana yang akan dijalankan, Windows atau Ubuntu. Gunakan tanda panah atas bawah keyboard anda untuk memilih Ubuntu. Completing instalation akan berjalan. Tunggu saja hingga selesai sempurna.
  7. Selamat. Ubuntu kini berjalan berdampingan dengan Windows anda.

Kesimpulan

Nah, gimana? Susah gak? Jikalau saja ada pertanyaan, pendapat atau masukan, sangat diapresiasi disini. Silahkan ditunggu diskusinya. Berbagi ilmu dan pengalaman tidak akan mengurangi nilai ilmu itu sendiri, justeru akan mempertajam pengetahuan kita. Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

guest book

ShoutMix chat widget